Jumat, 11 November 2016

NHW#4, Mendidik dengan Kekuatan Fitrah Berbasis hati Nurani

NICE HOME WORK #4
MENDIDIK DENGAN KEKUATAN FIITRAH BERBASIS HATI NURANI


Bismillaaah..
saatnya NHW#4

Setelah kita memahami bahwa salah satu alasan kita melahirkan generasi adalah untuk membangun kembali peradaban dari dalam rumah kita, maka semakin jelas di depan mata kita, ilmu-ilmu apa saja yang perlu kita kuasai seiring dengan misi hidup kita di muka bumi ini. Minimal sekarang anda akan memiliki prioritas ilmu-ilmu apa saja yang harus anda kuasai di tahap awal, dan segera jalankan, setelah itu tambah ilmu baru lagi. Bukan saya, sebagai teman belajar anda di IIP selama ini, maupun para ahli parenting lain yang akan menentukan tahapan ilmu yang harus anda kuasai, melainkan DIRI ANDA SENDIRI.

“The only reality is YOUR PERCEPTION”

Apakah mudah? TIDAK. Tapi yakinlah bahwa kita bisa membuatnya menyenangkan. Jadilah diri anda sendiri, jangan hiraukan pendapat orang lain. Jangan silau terhadap kesuksesan orang lain. Mereka semua selalu berjalan dari KM 0, maka mulai tentukan KM 0 perjalanan anda tanpa rasa “galau”.
 
yup, pengantar materi  diatas memberikan saya gambaran untuk menentukan kurikulum atau langkah-langkah yang harus saya lakukan sebagai upaya mencapai tujuan.

a. Belajar konsisten untuk mengisi checklist harian,
    Disiplin..disiplin dan disiplin. Melatih diri dengan keras, agar lingkungan sekitar menjadi ramah dan bersahabat terhadap diri kita.

b.Misi Hidup yang di emban di muka bumi ini, secara umum adalah menjadi pribadi yang membawa manfaat bagi manusia dan lingkungan sekitar

Diriwayatkan dari Jabir berkata,”Rasulullah Shallallahualaihiwassalam bersabda,’Orang beriman itu bersikap ramah dan tidak ada kebaikan bagi seorang yang tidak bersikap ramah. Dan sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi manusia.” (HR. Thabrani dan Daruquthni)

Secara khusus sebagai seorang Istri misi saya tentu saja 
 Menjadi istri yang bisa taat setiap saat kepada suami selama dalam hal kebaikan, menjadi perhiasan dunia bagi suami. karena sebagaimana sabda Rasulullah SAW,

"Dunia adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita sholihah" (HR. Muslim)

dan sebagai seorang ibu
Ingin menjadi seorang ibu yang bisa mengantarkan anak-anaknya menggapai Jannahnya, menjadi ibu yg layak, ibu yang sholihah bagi anak-anak yang sholih sholihah, InsyaAllah.

Tentang bidang yang ingin saya kuasai, diantaranya adalah ilmu Psikologi sebagaimana dasar ilmu saya saat menjalani pendidikan strata 1. Bidang psikologi sangat menarik bagi saya karena mempelajari manusia secara psikis. mempelajari apa yang ada dalam diri kita.
selain ilmu Psikologi, hal yang sangat menarik bagi saya adalah aktifitas baking dan cooking. menghabiskan waktu mencoba reep-resep baru merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan bagi saya. Hingga saat ini, saya merasa baking dan cooking merupakan salah satu passion saya.
Bidang lainnya yang ingin saya pelajari adalah bidang fotografi. Saat ini saya masih banyak terfokus pada food fotography
Semoga hasil baking dan cooking saya yang kemudian diabadikan melalui foto bisa memberi inspirasi bagi banyak orang diluar sana.

c. Untuk mencapai misi yang tercantum di poin b, tentu saja harus ada usaha menuju kesana. salah satunya adalah mendalami ilmunya. ilmu apa aja yang harus saya kuasai? banyaaak. diantaranya adalah:
Ilmu tentang hak dan kewajiban suami istri,
Bunda sayang
Bunda Cekatan
Ilmu psikologi (berharap suatu saat mendapat kesempatan kuliah lagi, aamiin :) )
Ilmu tentang dunia baking dan cooking termasuk trik and tips
Ilmu tentang dunia fotografi dasar

d. Milestone saya dimulai sejak 8 tahun yang lalu ketika sah berstatus sebagai seorang istri, hanya saja belum ada komitmen untuk terus bergerak setiap hari sehingga berjalan lamban dan tidak konsisten. Semoga, setelah ini bisa bergerak perlahan meskipun lamban. menjalani langkah demi langkah, demi tercapainya misi hidup. Yang pastinya, komitmen tiap hari adalah hari ini harus selalu lebih baik dari hari kemarin. InsyaAllah.
e. yaa, beberapa daftar akan dikoreksi dan menambahkan beberapa item di daftar tersebut. Semoga bisa konsisten. aamiiin


f. Lakukan, lakukan, lakukan, lakukan
Let's do it. Bismillaaah, semangattt!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar