Senin, 16 Agustus 2021

Ibu Pembaharu#5 Memahami masalah bersama Tim

Jurnal kelima dari materi ketiga di kampus Ibu Pembaharu

Materi kali ini, para mahasiswa kampus Ibu Pembaharu diberi kesempatan dua pekan untuk berdiskusi bersama tim tentang beberapa poin terkait problem statement masing-masing

Adapun agenda diskusi:
1. Diskusi problem statement (masalah saya jadi masalah kita) 
Menyatukan persepsi tentang problem statement masing-masing anggota tim. Karena tim kami terdiri dari 3 orang mahasiswa bunda Shalihah, jadi ada 3 problem statement yg saling berkaitan.

2. Starbursting problem statement
Membuat beberapa pertanyaan dari 5W+1H terkait problem statement

3. Kumpulan informasi baru tentang PS (baca artikel/ hub orang yg terdampak/ nonton film/ syair lagu/ baca buku 
Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya tentang problem statement

4. Analisis masalah dari berbagai sudut pandang (sempatkan diskusi dg ahli)

5. Lihat situs web resmi organisasi dunia.

Di awal pekan Kami melakukan diskusi santai via WAG. Membahasa satu persatu poin dari agenda diskusi
Memasuki pekan kedua, kami memutuskan untuk diskusi via live zoom supaya inti dari setiap poin bisa lebih jelas.
Maklum, kami berusaha menuntaskan diskusi sebelum memasuki masa Questival kemerdekaan keluarga pembaharu supaya tugas-tugas yg ada nantinya tidak saling tumpang tindih.

Dari sekian poin agenda diskusi, yg paling menyita waktu adalah starbusting problem statement.  terutama saat harus melakukan breakdown pada pertanyaan 'why'
Alhamdulillah bisa tuntas saat diskusi live zoom

Adapun poin diskusi dg tim ahli, kami sudah punya planning tentang hal ini. Hanya saja belum berkesempatan untuk diskusi langsung dalam kurung waktu dua pekan ini, tapi insyaallah akan tetap kami agendakan untuk kedepannya.

Alhamdulillah, semua bisa tuntas persis di hari pertama questival sehingga kami bisa fokus mengerjakan tantangan hari pertama serta tantangan X-tra mules di questival kemerdekaan keluarga pembaharu.

Merdeka!!!

Berikut ini adalah rangkuman hasil dari diskusi kami di tim Ress-Q


Referensi
http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/kordinat/article/view/6453/3949

PENINGKATAN TANGGUNG JAWAB MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS
https://jurnal.untan.ac.id 

http://jurnal.stpi-bim.ac.id/index.php/QURROTI/article/view/36/40

Aji, Takhroji. 2020. Pendidikan Karakter di Masa Pandemi Tanggung jawab Siapa?. https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/pendidikan-karakter-di-masa-pandemi-menjadi-tanggung-jawab-siapa

Hidayat, Nur. Danarti.  Darwati,Sri. Disiplin Positif: Membentuk Karakter tanpa Hukuman. The Progressive and Fun Education Seminar. ISBN 978-602-361-045-7

Kamus Besar Bahasa Indonesia versi online www.kbbi.web.id

PENERAPAN DISIPLIN 
UNTUK BATITA 
Devi Raissa Rahmawati, M.Psi., Psikolog

Abah Ihsan. Aku kan bukan babu. https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=356944052462963&id=100044421129829

FITRI ANISA DEWI. 2021. MENUMBUHKAN BUDAYA POSITIF DALAM PEMBELAJARAN ERA PANDEMI MELALUI KESEPAKATAN KELAS. https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/menumbuhkan-budaya-positif-dalam-pembelajaran-era-pandemi-melalui-kesepakatan-kelas/

RISKA RAMADANI. 2020. PENGARUH KETELADANAN ORANG TUA TERHADAP AKHLAK 
SISWA DI SMP NEGERI 1 TANETE RIAJA 
KABUPATEN BARRU. Skripsi.

https://www.sdg2030indonesia.org/#modalIconDefinition

#materi3
#memahamimasalahbersamatim
#ibupembaharu
#bundasalihah
#darirumahuntukdunia
#hexagoncity
#institutibuprofesional
#semestaberkaryauntukindonesia
#ibuprofesionaluntukindonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar